tag: Info Bisnis Yang Penting Untuk Diketahui: LANGKAH DALAM MERANCANG SUATU BISNIS

Pages - Menu

Welcome

Selamat datang di Blog Informasi Bisnis Terkini

semoga dengan hadirnya blog ini bisa menambah referensi dalam memulai bisnis anda dan bermanfaat bagi perkembangan bisnis informasi, investasi dan digital di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Kamis, 23 Januari 2014

LANGKAH DALAM MERANCANG SUATU BISNIS





Memulai sebuah usaha baik itu dalam bidang manufacture ataupun jasa, hal yang wajib kita lakukan adalah menjalankan studi kelayakan bisnis atau biasa disebut dengan Feasibility Study. Dikarenakan sangatlah penting apabila kita melakukan studi kelayakan bisnis (Feasibility Study) ini, maka resiko-resiko bisnis yang mungkin terjadi di kemudian hari akan bisa ditanggulangi atau bisa kita minimalisasi. Jadi sebelum terjadi hal-hal yang dapat merugikan kita dalam menjalankan suatu bisnis, akan dapat kita antisipasi  terlebih dahulu dengan kita merancang suatu bisnis.


Perancangan bisnis adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mempelajari, menganalisis dan mengambil keputusan terhadap hal-hal yang berpengaruh dalam kerangka memulai suatu bisnis ataupun mengembangkan suatu bisnis yang sedang berjalan, dan didalam Perancangan bisnis, hendaknya dilakukan untuk memperoleh parameter (Indicator) perkembangan bisnis ke depan dan juga mengurangi resiko yang mungkin timbul dalam perjalanan bisnisnya.


Secara umum pihak-pihak yang perlu membuat perancangan bisnis atau mempelajarinya adalah :
  1. Pemilik usaha, yaitu orang atau Badan yang memiliki ide dan biasanya menjadi pelaksana dalam pengembangan usaha ke depan.
  2. Pemilik modal (Investor), yaitu orang atau suatu Badan yang menanamkan modalnya untuk keberlangsungan dan keberlanjutan ide usaha. 
  3. Pengatur kegiatan usaha (Regulator), yang biasanya merupakan badan atau Organisasi Pemerintah yang memiliki kewenangan untuk itu.  Keterlibatan Instansi Pemerintah ini sangatlah diperlukan apabila kegiatan usaha yang akan dijalankan memiliki Implikasi yang cukup luas di masyarakat.

Perancangan bisnis dilakukan dengan perbedaan intensitas tertentu. Perbedaan intensitas studi kelayakan bisnis ditentukan antara lain oleh :

  1. Besarnya dana yang diinvestasikan; Umumnya semakin besar dana jumlah yang ditanamkan akan semakin mendalam studi yang perlu dilakukan.
  2. Tingkat ketidakpastian bisnis;  Semakin sulit kita memprediksikan penghasilan penjualan, biaya, aliran kas, dan lain-lain, semakin berhati-hati pula dalam melakukan sebuah Studi Kelayakan Bisnis. misalnya untuk sebuah investasi pada produk-produk baru.  Berbagai cara ditempuh untuk mengatasi ketidakpastian ini, dengan analisis sensitivitas, taksiran konservatif, dan sebagainya.
  3. Kompleksitas elemen-elemen yang mempengaruhi bisnis; Faktor-faktor yang mempengaruhi suatu bisnis mungkin menjadi sangat kompleks, sehingga pihak yang melakukan studi kelayakan terhadap bisnis tersebut akan semakin berhati-hati.

 Tahapan untuk melakukan studi kelayakan bisnis :

  1. Identifikasi, dilakukan terhadap lingkungan untuk memperkirakan kesempatan dan ancaman dari usaha yang akan dilakukan.
  2. Perumusan, merupakan tahap untuk menerjemahkan kesempatan investasi ke dalam suatu rencana usaha yang konkret, dengan faktor-faktor penting dan dijelaskan secara garis besar.
  3. Penilaian, melakukan analisa dan menilai aspek pasar, teknik, keuangan dan perekonomian.
  4. Pemilihan, dilakukan mengingat adanya keterbatasan dan tujuan yang akan dicapai.
  5. Implementasi, menjalankan bisnis tersebut dengan tetap berpegang pada anggaran.

Aspek-aspek Studi Kelayakan Bisnis :

        1.      Aspek Pasar dan Pemasaran;

        2.      Aspek Teknis dan Teknologi;

        3.      Aspek Manajemen;

        4.      Aspek Hukum;

        5.      Aspek Lingkungan;

        6.      Aspek Keuangan;

        7.      Aspek Ekonomi dan Sosial.

Mungkin sedikit ringkasan ini dapat membantu dalam perancangan dan memulai bisnis kita,  semoga kita semua bisa mencapai kesuksesan bersama.. : )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar